Chat with us, powered by LiveChat
Fri. Jul 19th, 2019

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Resep Oyakodon, Nasi dengan Topping Ayam dan Telur Khas Jepang

1 min read

Jakarta – Menu sarapan ini jadi favorit keluarga Jepang. Bahannya nasi, ayam dan telur yang gampang dibuat dengan rasa enak.

Ayam dan telur jadi pilihan praktis untuk sarapan. Sajian sarapan klasik yang sering dibuat oleh para ibu di Jepang ini mudah dibuat. Arti harafiah ‘oyakodon’ adalah ‘donburi orangtua dan anak’. Berupa nasi putih dengan topping ayam, telur dan sedikit daun bawang.

Konon pertama kali dibuat oleh restoran Tamahide di Tokyo pada tahun 1891. Hidangan ini cepat populer karena mudah dibuat sendiri. Jika Anda punya nasi, telur dan sedikit daging ayam, sarapan gaya Jepang ini bisa dibuat sendiri. 

Foto: iStock

Bahan yang perlu Anda siapkan, 2 mangkuk nasi putih, 2 butir telur ayam, 2 sdm minyak sayur, 2 sdm bawang bombay yang diiris tipis, 2 sdm daun bawang iris, dan 200 g daging ayam yang diiris tipis. 

Sebagai bumbunya, siapkan 100 ml shoyu atau soya sauce, 1/2 sdt merica bubuk, 1/2 sdt gula pasir dan 200 ml air. 

Untuk membuatnya, tumis bawang bombay hingga layu dan wangi. lalu masukkan irisan daging ayam dan aduk hingga kaku dan berubah warna menjadi putih dan kaku. 

Foto: iStock

Tambahkan shoyu, merica, gula dan garam serta air/kaldu. Didihkan hingga beberapa saat. Kemudian kocok telur dan tuangkan ke dalam rebusan ayam. Tambahkan daun bawang, aduk sebentar lalu angkat. 

Untuk penyajian, taruh nasi hangat dalam 2 mangkuk. Lalu tuangkan ayam berikut telur dan kuahnya ke atas nasi dan sajikan hangat. Sebaiknya nikmati sajian nasi ini selagi hangat. Bisa disajikan dengan cabai bubuk atau saus cabai jika suka rasa pedas.