Mon. Oct 21st, 2019

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Realme 5, Handphone Rp 2 Jutaan yang Punya Empat Kamera

3 min read

Jakarta – Realme baru saja meluncurkan ponsel baru dengan teknologi terkini. Ponsel yang dijual dengan harga dua jutaan ini, hadir dengan ciri khas baru realme yaitu empat kamera atau mereka lebih senang menyebut dengan istilah Quad Camera. Lalu apakah gebrakan terbaru realme ini bisa mendulang popularitas kembali layaknya pendahulu-pendahulunya? Berikut ulasannya.

Desain Bodi

Desainnya masih identik dengan pendahulunya, yaitu realme 3. Hanya saja, desain realme 5 ini dimensinya lebih bongsor. Mungkin karena penggunaan layar yang berukuran 6,5 inci. Penampang muka masih sama dengan poni tetesan air sebagai tempat menaruh kamera.

Realme 5, Handphone Rp 2 Jutaan yang Punya Empat KameraRealme 5, Punya Empat Kamera dengan Harga Rp 2 Jutaan (Foto:dok. Realme)

Ponsel ini tersedia dalam dua pilihan warna di Indonesia, yaitu biru dan ungu atau dikenal dengan nama Crystal Blue dan Crystal Purple. Jika terkena pantulan cahaya, ada pola layaknya potongan kristal di bagian belakang. Tapi tidak ada motif gradasi, hanya satu warna saja. Memang material yang digunakan masih plastik, tapi setidaknya tidak terkesan ringkih.

Perbedaan yang paling mencolok terdapat di bagian belakang, di mana kameranya kini lebih memanjang ke bawah sebab terisi empat lensa plus di sebelahnya LED flash. Sensor sidik jari juga masih berbentuk fisik yang berada di bagian tengah.

Dalam paket penjualannya layar sudah terpasang dengan lapisan anti gores dan diberikan juga softcase yang cukup berkualitas.

Performa

Bicara performa, dapur pacu yang digunakan adalah Qualcomm Snapdragon 665 AIE. Prosesor yang menggunakan desain arsitektur 11nm, artinya dengan arsitektur yang lebih kecil maka akan lebih efisien dalam urusan penggunaan daya. Kecepatannya yang mencapai 2,0GHz dipadukan dengan kapasitas RAM 3GB atau 4GB dan memori internal 32GB, 64GB, atau 128GB (dukungan slot kartu memori hingga 256GB). Urusan grafis ditangani dengan GPU Adreno 610.

Performanya sendiri cukup mulus tidak ada masalah yang berarti. Untuk bermain game berat,ponsel ini masih sanggup walau dengan aturan grafis yang tidak mentok ke kanan. Suhu ponsel juga tidak mengeluarkan panas berlebihan alias masih wajar.

Kamera

Realme 5 dibekali kamera utama dengan resolusi masing-masing 48MP. Seperti yang disebutkan di awal, kamera tersebut tidak sendiri melainkan disertai dengan tiga kamera lainnya.

Kamera utama bisa menghasilkan foto dengan resolusi hingga 12MP. Tidak ada sesuatu yang spesial di sini, hanya saja kamera utamanya menjadi andalan utama saat bertemu kondisi rendah cahaya. Sebab kamera utama ini memiliki aperture f/1.8 dan area single piksel yang besar, sehingga lebih bisa menangkap banyak cahaya. Ditambah kehadiran mode pengambilan gambar Nightscape yang memanfaatkan AI.

Realme 5, Handphone Rp 2 Jutaan yang Punya Empat KameraHasil Foto Realme 5 Mode Nightscape yang memanfaatkan AI (Foto:dok. Realme)

Tiga kamera lain yang menyatu dalam teknologi disebut Quad Camera adalah kamera dengan lensa lebar. Realme mengatakan lensa yang satu ini memiliki area bidik 119 derajat. Resolusi 8MP, dan cukup baik dalam menangkap objek yang luas seperti pemandangan. Area sudut-sudut yang umumnya terdistorsi juga masih wajar, tidak merusak estetik dari keseluruhan foto.

Dua lainnya adalah kamera makro dan kamera portrait. Untuk kamera makro, melalui kamera beresolusi 2MP ini pengguna bisa mengabadikan detail seperti tekstur pada objek yang kecil. Kamera bisa digunakan untuk menangkap objek yang sangat dekat, hingga di bawah 5cm. Lalu untuk kamera portraitnya adalah sebagai kamera peneman kamera utama dalam menangkap hasil foto berlatar bokeh. Kali ini kamera itu menggunakan filter hitam putih untuk berikan eksposur yang lebih tinggi.

Realme 5, Handphone Rp 2 Jutaan yang Punya Empat KameraHasil Foto Kamera Realme 5 (Foto:dok. Realme)

Kamera depan yang bisa bersembunyi ini, memiliki resolusi 13MP dengan menggunakan sensor dari Samsung. Dengan bantuan kecerdasan buatan, kamera dapat memberikan foto selfie yang ditingkatkan tanpa membuatnya berlebihan atau terlihat terlalu diedit.

Realme 5 turut mampu diajak melakukan perekaman video gerak lambat 240fps/720P. Kameranya juga bisa diajak melakukan perekaman hingga resolusi 4K. Tapi fitur EIS hanya akan aktif maksimal di perekaman 1080p saja.

Baterai

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sektor baterai menjadi sorotan tersendiri. Ini karena realme 5 menjadi yang pertama dalam keluarganya yang memiliki kapasitas baterai jumbo. Kapasitasnya sebesar 5.000mAh.

Ditambah terdapat fitur AI Freezer yang bisa mendeteksi secara otomatis aplikasi yang tidak digunakan dan membekukannya. Memungkinkan untuk melakukan efisiensi daya dan masa pakai yang jauh lebih lama. Sayangnya pengisian daya masih standar jadi luangkan waktu untuk bisa mengisi penuh baterai di ponsel ini.

Kesimpulan

Realme 5 ini membawa brand Tiongkok yang baru sekitar setahun ke level berikutnya. Dengan kamera empat di bagian belakang dan kapasitas baterai besar menjadi tambahan, realme 5 patut diapresiasi di kelasnya. Apa lagi, target pasarnya adalah anak-anak muda yang umumnya terbatas di dana tapi ingin memiliki ponsel mumpuni dan terkini.