Ragam Mobil Listrik Toyota Dikenalkan Mulai 2020

Tokyo – Kendaraan ramah lingkungan seperti mobil listrik sedang gencar digarap oleh semua pabrikan otomotif dunia. Tak terkecuali Toyota Motor Corporation. Produsen otomotif raksasa asal Jepang itu bahkan menyatakan dalam waktu dekat akan mengeluarkan banyak mobil listrik.

Seperti dilansir Drivespark, ragam mobil listrik di berbagai segmen itu mulai diperkenalkan pada tahun 2020 mendatang. Walau belum secara detail disebutkan, namun kabar tersebut jadi angin segar untuk para pencinta otomotif khususnya brand Toyota.

Toyota juga saat ini sedang mempersiapkan platform baru untuk mobil listrik bertenaga baterai atau Battery Electric Vehicle (BEV), yang rencananya dirilis pada tahun 2025. Platform itu akan juga mencetak kendaraan kecil bertenaga listrik.

“Banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mempopulerkan BEV. Secara khusus, kami fokus pada pengembangan kendaraan, peningkatan durabilitas, dan daur ulang baterai,” ujar salah satu petinggi Toyota.

BEV akan serupa seperti TNGA (Toyota New Global Architecture) yakni berupa platform yang dijadikan kunci utama bagi setiap model kendaraan produksinya. BEV juga akan mengusung berbagai hal dari platform TNGA sebab desainnya memang menggunakan basis sama.

Di lain kesempatan, Toyota juga memiliki berbagai strategi guna mempopulerkan kendaraan rendah emisinya itu. Diantaranya adalah menjalin kerjasama dengan berbagai produsen terkait agar ongkos produksi dan R&D tidak membengkak. Salah satunya adalah bersama Subaru.

Bersama pabrikan asal Jepang tersebut, Toyota akan melahirkan mobil listrik dengan keahlian Subaru dalam sistem penggerak 4 roda.