Polisi Perpanjang Waktu Sistem One Way di Cikampek

Jakarta, Polisi bakal memperpanjang waktu pemberlakuan sistem satu arah alias one way dari arah Kalikangkung kilometer 414 hingga kilometer 70 Cikampek. Perpanjangan dilakukan hingga Minggu (9/6) pukul 24.00.

Perpanjangan ini dilakukan karena jumlah kendaraan yang masuk menuju ke arah Jakarta dari sejumlah daerah di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat terus mengalami peningkatan pada Minggu ini.

“Ini disebabkan banyaknya arus kendaraan yang masuk Jakarta dari arah Jatim, Jateng dan Jabar,” kata Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri dalam keterangan tertulis, Minggu (9/6).

Sebagai informasi, Polisi memprediksi puncak arus balik Lebaran 2019 akan terjadi pada Minggu ini. Meski begitu polisi akan tetap melakukan antisipasi atas kemungkinan terjadinya kepadatan arus balik Lebaran 2019 sampai beberapa hari ke depan.

“Puncak arus balik sudah kami prediksi H+4 Lebaran, itu hari Minggu 9 Juni, tapi tentu tanggal berdekatan tetap jadi perhatian kami,” kata Refdi, Sabtu (8/6) dikutip Antara.

untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan saat arus balik, sistem satu arah diberlakukan di Tol Cikampek arah Jakarta pada Sabtu (8/6) malam. One way ini diberlakukan mulai dari Gerbang Tol Cikampek Utama hingga Cikarang Utama berlangsung sekitar dua jam sejak pukul 21.00 WIB.

Refdi mengungkapkan, one way juga diberlakukan di KM 439 Ungaran mengarah Semarang sampai KM 414 Kalikangkung.

Penerapan one way sejak di KM 439 Ungaran dan hingga Cikarang Utama ini menjadi sistem satu arah terpanjang, yakni mencapai 410 KM.

Sementara itu, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat total 205.637 kendaraan memasuki Jakarta pada H+1 arus balik Lebaran 2019 atau Jum’at (7/6) kemarin. Kendaraan yang masuk ke Jakarta itu datang dari arah timur, barat, dan selatan Jakarta.