Thu. Jun 4th, 2020

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Pemerintah Berencana Gunakan Mesin TCM Deteksi Pasien Gejala Corona

1 min read

JAKARTA – Pemerintah terus mencari solusi untuk menangani pandemi virus corona atau Covid-19. Salah satunya adalah menggunakan mesin TCM alias tes cepat molekuler dalam mendeteksi pasien positif corona.

“Kita sudah akan melakukan dalam waktu dekat untuk memanfaatkan mesin pemeriksaan TCM yang selama ini sudah tergelar di lebih 132 rumah sakit dan kemudian beberapa puskesmas yang terpilih,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto dalam konferensi pers di kantor BNPB yang juga ditayangkan di akun media sosial BNPB, Rabu (1/4/2020).

Mesin TCM sendiri bukanlah metode pemeriksaan baru di dunia medis lantaran biasa digunakan untuk mendeteksi penyakit TBC. Hanya saja menurut Yuri dalam menggunakan mesin tersebut harus ada konversi catridge terlebih dahulu.

“Penjajakan perubahan ini tentunya tidak sedemikian mudah, karena pasti akan membutuhkan perubahan pada setting mesin, kemudian melatih SDM, dan menyiapkan catridgenya,” ucap dia.

 

Dia berharap, penggunaan mesin TCM bisa dilakukan dalam waktu dekat ini. “Kita mengharapkan pada hari ini paling lambat besok juga sudah masuk cartrigde-nya untuk melakukan uji coba mesinnya,” imbuh Yuri.

Selain itu, menurut Yuri penggunaan mesin TCM diharapkan memperpendek jarak pemeriksaan spesimen dari rumah sakit yang merawat pasien positif corona menuju laboratorium.

“Harapan kita adalah makin cepat lagi kita melakukan pemeriksaan, karena pemeriksaan TCM ini adalah pemeriksaan antigen. Sehingga interpretasinya adalah pasti apakah seseorang itu terinfeksi atau pasti tidak terinfeksi. Ini bukan pemeriksaan antibodi yang kita gunakan pada metode rapid test,” tandasnya.

Baca juga !