Sat. Jan 16th, 2021

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Pakai Hand Sanitizer pada Balita, Bagaimana Aturannya?

1 min read

 Akibat pandemi virus corona, setiap orang dianjurkan menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan. Hand sanitizer jadi salah satu pilihan favorit masyarakat untuk melaksanakan anjuran tersebut.

Namun, bagi orangtua yang memiliki balita harus memperhatikan dengan seksama kandungan kimia yang ada sebelum memakaikan hand sanitizer untuk anak. Sebab, balita kerap memasukkan tangan atau benda yang dipegangnya ke dalam mulutnya.

“Sebenarnya ada yang harus dipehatikan food grade atau enggak, karena banyak hand sanitizer yang tidak dianjurkan untuk anak. Apalagi kalau meracik sendiri tanpa standar BPOM, perhatikan ketentuannya,” kata spesialis kulit kecantikan dokter Reisa Broto Asmoro dalam siaran langsung di media sosialnya bersama Mother & Baby, Selasa (24/3/2020).

Reisa menyarankan, lebih efektif sebaiknya balita jangan dipakaikan hand sanitizer, tetapi langsung mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Selain itu, penggunaan masker pada anak-anak juga jangan berlebihan. Reisa menjelaskan, fungsi masker lebih untuk menghindari penyebaran virus terhadap orang lain.

“Kalau cuma pakai di rumah, ya gak perlu dipakai, kan anak juga gak keluar,” ucapnya.

Jika menggunakannya pun sebaiknya jangan menyentuh area luar depan masker langsung dengan tangan, tambah Reisa. Karena pada bagian itulah bakteri dan virus bertumpuk.

Sebaiknya melepas masker dari tali yang diikat di telinga atau belakang kepala. Kemudian dibuang dan langsung mencuci tangan hingga bersih agar tangan bisa digunakan kembali.