You are here
Duo Korea dan Komando PBB Gelar Pertemuan di Zona Demiliterisasi INTERNASIONAL 

Duo Korea dan Komando PBB Gelar Pertemuan di Zona Demiliterisasi

EOUL – Korea Utara (Korut), Korea Selatan (Korsel) dan Komando Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) akan mengadakan pertemuan tiga arah pertama, Selasa (16/10/2018). Pertemuan ini akan membahas demiliterisasi perbatasan antar Korea.

Hal itu diungkapkan oleh Kementerian Pertahanan Korsel seperti dikutip dari Reuters.

Para pemimpin kedua Korea bulan lalu mengesahkan pakta militer yang mencakup menghentikan latihan militer, zona larangan terbang di dekat perbatasan mereka dan penghapusan secara bertahap ranjau darat dan pos penjaga di dalam Zona Demiliterisasi (DMZ).

“Pertemuan hari ini akan mengevaluasi kemajuan dalam menghapus ranjau darat dan pos penjaga, penyesuaian peralatan pengawasan perbatasan, dan cara-cara untuk saling memverifikasi upaya demiliterisasi,” kata kantor berita Yonhap, mengutip para pejabat kementerian.

“Pertemuan tertutup itu akan diadakan di desa perbatasan Panmunjom dan dihadiri oleh tiga perwakilan dari masing-masing pihak,” bunyi pernyataan yang dikeluarkan Kementerian Pertahanan Korsel.

Kedua Korea pada hari Senin sepakat untuk mulai menghubungkan kembali jalur kereta api dan jalan. Ini adalah langkah laih dalam hubungan yang membaik terlepas kekhawatiran AS bahwa cairnya hubungan Korut-Korsel yang cepat dapat merusak upaya untuk menekan Pyongyang agar menyerahkan senjata nuklirnya.

Korut dan Korsel secara teknis masih berperang karena Perang Korea 1950-53 berakhir dengan gencatan senjata, bukan perjanjian damai.

Related posts

Leave a Comment