You are here
Ada Mie Glosor hingga Mie Koclok yang Enak dari Jawa Barat Kuliner 

Ada Mie Glosor hingga Mie Koclok yang Enak dari Jawa Barat

Jakarta – Seperti soto dan sate, tiap daerah punya racikan mie yang unik. Seperti di Jawa Barat, sajian mie juga disesuaikan dengan bahan dan rasa lokal.

Kalau ke kota-kota di Jawa Barat, Anda akan menemukan banyak jenis mie yang berbeda. Mulai dari mie koclok, hingga soto mie yang gurih sedap. Berikut 5 hidangan mie yang populer dari Jawa Barat (11/07).

1. Mie koclok

Berasal dari kota Cirebon, mie yang satu ini punya ciri khas memiliki kuah kental karena menggunakan campuran tepung kanji. Hidangan serba putih ini, terdiri dari ayam suwir, kol, tauge, mie, telur iris, dan dilengkapi dengan telur dan bawang goreng renyah. Paling enak disantap ketika hangat, rasanya unik, gurih, dan sedikit asin. Untuk harga terbilang murah, cukup mengeluarkan Rp. 12.000 – Rp. 15.000 saja, Anda sudah bisa menikmati mie koclok.

2. Mie Tasik

Kota Tasikmalaya punya kuliner yang lezat dan menggoda. Salah satunya mie baso, hidangan mie gepeng kenyal yang disajikan dengan baso, daging ayam cincang, kuah kaldu, dan taburan bawang daun. Babat hingga kikil, juga jadi topping populer untuk menikmati mie baso ini. Apalagi kalau disantap selagi hangat, dengan sambal pedas. Sedap!

3. Mie glosor

Kalau berkunjung ke Bogor, jangan lupa cicip mie glosor yang kenyal dan sedap. Mie ini terbuat dari tepung sagu yang dicampur dengan kunyit. Biasanya mie glosor disajikan di pedangan nasi dan mie goreng, ditumis menggunakan bawang, aneka bumbu, lengkap dengan irisan sayuran, bakso, hingga sosis. Selain itu mie glosor merupakan, hidangan favorit di bulan ramadan.

4. Soto mie

Meski soto mie bisa ditemukan di banyak daerah di Indonesia, namun soto mie khas Bogor lah yang paling terkenal. Soto mie bogor, biasanya diisi dengan mie kuning, bihun, irisan kol segar, tomat, emping, potongan daging, dan potongan risol goreng. Untuk menambah aroma, biasanya soto ditaburi dengan selederi, daun bawang, dan bawang goreng. Soto mie bisa disantap langsung, atau ditemani nasi putih hangat.

5. Mie kocok

Merupakan mie populer di Bandung. Isiannya mie kuning, tauge dengan kuah kental. Ditambah potongan kikil dan daging sapi, mie ini rasanya gurih mantap.

Pelengkapnya sambal rawit, air jeruk limau dan sambal rawit. Makin enak disantap dengan kerupuk kanji putih. Penjaja mie kocok umumnya memakai gerobak dan mudah ditemui di berbagai jalanan di Bandung.

Related posts

Leave a Comment