You are here
Punya Poin dan Selisih Gol Identik, Mengapa Spanyol di Atas Portugal? Sports 

Punya Poin dan Selisih Gol Identik, Mengapa Spanyol di Atas Portugal?

Jakarta – Spanyol dan Portugal mengumpulkan poin dan agresivitas gol yang sama di Grup B Piala Dunia 2018. Namun, Spanyol ada di puncak klasemen. Apa alasannya?

Kedua tim berduel pada matchday pertama Piala Dunia 2018 dan bermain imbang 3-3. Sementara pada matchday kedua, Portugal dan Spanyol juga menang identik. Spanyol mengalahkan Iran 1-0, sedangkan Portugal membungkam Maroko dengan skor sama.

Keduanya pun kini sama-sama mengumpulkan 4 poin dengan jumlah memasukkan-dimasukkan sama yakni 4-3. Meski begitu, Spanyol berada di atas Portugal di klasemen Grup B. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Itu terjadi karena Spanyol lebih sedikit mendapat kartu kuning daripada Portugal. Dari dua laga yang dimainkan, Spanyol hanya satu kali mendapat kartu kuning yakni Sergio Busquets pada laga melawan Portugal.

Sedangkan Portugal sudah mendapat dua kartu kuning untuk Adrien Silva dan Bruno Fernandes. Jumlah kartu kuning menentukan poin fair play yang merupakan aturan terakhir terkait penghitungan tiebreaker di fase grup Piala Dunia 2018.

Ada tahapan skenario terkait penempatan tim di klasemen fase grup jika ada kesamaan yang terjadi. Menurut situs resmi FIFA, berikut adalah tahapannya:

– Jumlah poin terbanyak
– Selisih gol dari semua laga grup
– Jumlah gol yang dicetak di semua laga grup

Jika pada tiga hal di atas semuanya sama antar tim, posisi di klasemen selanjutnya ditentukan oleh:

– Jumlah poin terbanyak yang diperoleh dalam laga grup antartim yang bersangkutan.
– Selisih gol yang dihasilkan dari laga grup antartim bersangkutan.
– Jumlah gol yang dicetak dalam laga grup antartim yang bersangkutan.
– Jumlah poin fair play terbanyak (kartu kuning: -1, dua kali kartu kuning: -3, kartu merah langsung: -5).
– Undian oleh FIFA

Related posts

Leave a Comment