You are here
Inilah Pesaing Honda Afrika Twin dengan Transmisi Seperti Matik Otomotif 

Inilah Pesaing Honda Afrika Twin dengan Transmisi Seperti Matik

MV Agusta bersama dengan perusahaan Amerika bernama Rekluse telah mengembangkan sistem kopling otomatis yang akan pertama kali diluncurkan di Turismo Veloce Lusso 800 yang diperbarui. Ide menawarkan kopling otomatis pada sepeda motor sport bukanlah sesuatu yang baru. Misalnya, Honda Africa Twin menawarkan transmisi otomatis kopling ganda. Tapi MV Agusta melakukannya untuk pertama kalinya pada Turismo Veloce Lusso. Kemungkinan akan meluas pada varian MV Agusta lainnya.

Pada Turismo Veloce, Smart Clutch System atau SCS sebutan oleh MV Agusta akan ditawarkan sebagai opsi bersama dengan quickshifter bi-directional. Ini bisa berarti bahwa sepeda motor akan memindahkan gigi secara otomatis, tanpa menggunakan tuas kopling layaknya motor matik. Ini bisa menjadi alternatif yang lebih sederhana untuk CVT yang lebih umum dan DCT seperti pada beberapa sepeda motor Honda.

Kopling khusus ini dapat mendeteksi perubahan dalam putaran mesin dan bekerja secara otomatis, tanpa pengendara harus menarik tuas kopling. Tentu saja, dalam kasus-kasus tertentu, di mana pengendara ingin kontrol penuh dari output, masih akan memiliki tenaga yang sama. MV Agusta juga dapat meningkatkan output daya pada sepeda motor dari saat ini 110 bhp menjadi 125 bhp. Jika pelanggan ingin menambahkan opsi SCS di Turismo Veloce Lusso mereka, biayanya sekitar 700 euro atau hampir Rp 11,5 juta.

MV Agusta mengklaim sistem ini bisa menambah kenyamanan saat digunakan perjalanan jauh dan akan meningkatkan responsifitas saat berakselerasi.

Related posts

Leave a Comment