You are here
Real Madrid Lanjutkan Dominasi Spanyol atas Inggris di Final Kompetisi Eropa Sports 

Real Madrid Lanjutkan Dominasi Spanyol atas Inggris di Final Kompetisi Eropa

Kiev – Kemenangan Real Madrid atas Liverpool di final Liga Champions 2017/2018 menegaskan satu hal: tim-tim Spanyol masih dominan atas tim-tim Inggris.

Madrid menang 3-1 atas Liverpool dalam final Liga Champions di NSC Olimpiyskiy Stadium, Minggu (27/5/2018) dinihari WIB. Ini jadi titel ketiga beruntun yang dimenangi Los Blancos di turnamen tersebut.

Secara keseluruhan, kini Madrid sudah 13 kali meraih ‘Si Kuping Besar’. Jumlah itu nyaris dua kali lipat dari AC Milan yang jadi tim dengan gelar terbanyak kedua (7 titel).

Kemenangan Madrid atas Liverpool sendiri menegaskan sebuah catatan, bahwa tim-tim Inggris masih tak berdaya di hadapan wakil-wakil Spanyol. Opta mencatat klub-klub Inggris sudah selalu takluk dari rival-rivalnya asal Spanyol di tujuh final kompetisi Eropa terakhir.

Tim-tim Inggris kalah di empat final Liga Champions dan tiga final Liga Europa (Piala UEFA). Rangkaian ini bermula sejak 12 tahun yang lalu atau pada 2006, kala Middlesbrough takluk 0-4 dari Sevilla di final Piala UEFA. Di tahun yang sama, Arsenal tumbang 1-2 di tangan Barcelona pada final Liga Champions.

Manchester United juga gagal juara di 2009 usai kalah 0-2 dari Barcelona. Sementara setahun berselang, Fulham ditaklukkan Atletico Madrid di final Liga Europa.

Barcelona kembali jadi mimpi buruk MU di final Liga Champions 2011, di mana Blaugrana menang 3-1.

Lima tahun kemudian atau pada 2016, Liverpool punya kans menghentikan tren buruk tim-tim Inggris kala menghadapi Sevilla di final Liga Europa. Mereka gagal usai kalah 1-3.

Liverpool kembali ke final tahun ini, namun kali ini di Liga Champions dan menghadapi ‘raja’ turnamen tersebut, Madrid. Seperti diketahui, hasilnya belum berpihak untuk tim-tim Inggris.

Related posts

Leave a Comment