You are here
Terungkap Biaya Modal Yaris-Vios di Indonesia Otomotif 

Terungkap Biaya Modal Yaris-Vios di Indonesia

PT Toyota Astra Motor beberapa waktu lalu sudah meluncurkan generasi baru Toyota Yaris dan Vios. Toyota Yaris meramaikan pasar mobil hatchback, sementara Vios menjadi pilihan baru di segmen sedan entry-level.

Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Tjahjono mengatakan, kedua mobil baru ini sudah diproduksi lokal di pabrik TMMIN.

“Yaris dan Vios sudah mulai kami produksi, yang jelas sebelum meluncur kami sudah mulai jalan (produksinya). Kami tambah investasi untuk dua model ini,” kata Warih kepada VIVA.

Untuk kedua mobil baru tersebut, dikatakan Warih, Toyota melakukan tambahan investasi sekitar Rp1,9 triliun. Investasi dilakukan untuk mengubah cetakan bentuk bodi, kemudian dudukan untuk pengelasan bodi, dan berbagai komponen lainnya.

“Kalau dilihat, jelas Yaris dan Vios model lama dan baru itu outer panel atau eksterior ganti. Berarti kami harus ganti beberapa komponen produksinya, termasuk supply chain juga ganti,” kata Warih.

“Itu saja mesinnya kan enggak kami tambah investasi. Kalau full semua ganti, investasi bisa lebih dari itu,” ujar Warih.

Related posts

Leave a Comment