You are here
100 Restoran dan Hotel di Taiwan Kini Sudah Bersertifikat Halal Kuliner Travel 

100 Restoran dan Hotel di Taiwan Kini Sudah Bersertifikat Halal

PIALA DUNIA 2018 – Taiwan kian gencar melakukan promosi pariwisatanya. Pariwisata dengan konsep halal pun menjadi salah satu yang diunggulkan sejak beberapa tahun lalu. Sejumlah fasilitas pendukung dan sertifikasi halal juga terus dibangun selama dua tahun terakhir.

Hal ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan pelayanan terbaik bagi wisatawan Muslim saat berwisata ke Taiwan, meski kebanyakan penduduknya adalah non muslim. Hingga saat ini lebih dari 100 restoran telah mendapatkan sertifikasi halal serta hotel yang membuat Taiwan semakin ramah terhadap wisatawan Muslim.

“Untuk hotel atau restoran yang dapat sertifikat halal dari kami, mereka menyediakan dapur khusus untuk tamu muslim di hotel. Mereka punya Individual Kitchen, alat-alatnya terpisah. Kami pastikan dari hulu ke hilir kehalalan dan kualitasnya terjaga,” kata perwakilan Chinese Muslim Association (CMA) Hadziq Fabroyir saat acara Taiwan Tourism Workshop 2018 di Hotel Pullman, Jakarta (5/3/2018).

“Ketika sebuah hotel sudah mendapatkan sertifikasi halal berarti dia sudah siap. Setiap kamar disediakan arah kiblat, jadwal sholat, sajadah dan Al-Quran. Taiwan toiletnya kering jadi kalau buang air bersihkannya pakai tisu tapi untuk hotel dengan sertifikasi halal turism pakai air,” tambahnya.

Hadziq menjelaskan, sertifikasi tersebut dikeluarkan oleh lembaganya untuk menjamin keamanan dan kenyamanan wisatawan Muslim. Beberapa di antaranya yaitu MR (Muslim Restaurant), MFR (Muslim Friendly Resto), MFT (Muslim Friendly Tourism), MFTG (Muslim Friendly Tour Guide) dan Halal Kitchen.

Menariknya, berdasarkan data tahun 2017 tercatat bahwa Taiwan telah memiliki enam masjid. “Di Taiwan ada 6 masjid. Ada di Taipei, Taoyuan, Taichung, Taina, dan Kaohsiung. Itu data tahun lalu. Tahun ini tambah 2 masjid lagi dan 2 masjid itu yang membangun orang Indonesia,” papar dia.

Dengan ini semua, Hadziq menekankan bahwa Taiwan siap untuk melayani kedatangan wisatawan Muslim. Selain itu, adanya fasilitas pendukung ini juga diharapkan wisatawan Muslim dapat dengan nyaman dan tidak perlu takut dengan masalah akomodasi dan makanan saat berwisata di Taiwan.

“Kami dari Chinese Muslim Association menekankan bahwa Taiwan siap menyambut turis muslim dari Indonesia. Kami juga sediakan brosur di kantor TETO untuk traveler yang mau apply visa. Tiap ada update, kami akan selalu infokan lewat website. Kami juga punya aplikasi Halal yang bisa diunduh. Traveler Muslim tidak perlu khawatir buat liburan ke Taiwan,” ujar dia.

Related posts

Leave a Comment