You are here
Ini Alasan Ilmiah Kenapa Paduan Makanan Manis dan Asin Terasa Enak Kuliner 

Ini Alasan Ilmiah Kenapa Paduan Makanan Manis dan Asin Terasa Enak

Pernah coba mencampurkan makanan manis dan asin? Kebanyakan orang suka dengan paduan ini. Ternyata ada alasan ilmiah kenapa rasanya enak.

Pernah mencocol kentang goreng ke dalam es krim? Ada perpaduan rasa gurih dan manis yang bikin ketagihan. Begitu juga dengan keripik kentang yang diberi balutan cokelat.

Tak perlu heran, karena ternyata ada alasan ilmiah mengapa makanan asin dan manis jika dicampur bisa terasa lebih enak. Dikutip dari Tasting Table (10/9), pada dasarnya garam membuat segalanya terasa lebih enak, bukan lebih asin. Penggunaan garam dalam jumlah yang tepat saat memasak, dapat menguatkan rasa pada makanan.

Ini Alasan Ilmiah Kenapa Paduan Makanan Manis dan Asin Terasa EnakFoto: Istimewa

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Proceedings of National Academy of Sciences menunjukkan bahwa selain dapat merasakan manis dan asin, lidah kita memiliki reseptor rasa manis tambahan. Ini hanya aktif apabila gula bertemu dengan garam.

Salah satu contohnya saat menambahkan garam dalam buah semangka yang dapat membuat rasanya makin manis. Hal serupa terjadi pada pembuatan kue.

Bila Anda lupa menambahkan garam pada adonan kue coklat, dapat dipastikan kuenya akan terasa hambar. Karena garam membantu menghasilkan karamel, disamping membuat rasa coklat dalam kue Anda terasa lebih kaya dan kompleks.

Ini Alasan Ilmiah Kenapa Paduan Makanan Manis dan Asin Terasa EnakFoto: iStock

Alasan lainnya, tubuh secara alami menginginkan garam dan gula. Misalnya saja keinginan orang menikmati junk food yang cenderung tinggi garam dan gula.

Menurut Barb Stuckey, penulis TASTE: Surprising Stories and Science About Why Food Tastes Good, manusia berevolusi untuk tertarik pada makanan manis karena paling kaya energi atau tinggi kalori. Tubuh juga dikondisikan untuk menyukai makanan asin karena sodium merupakan mineral penting yang diperlukan agar tubuh berfungsi baik.

Related posts

Leave a Comment