You are here
Malware Ini Sembunyi di Play Store Selama Bertahun-tahun Technology 

Malware Ini Sembunyi di Play Store Selama Bertahun-tahun

Peneliti keamanan digital Check Point menemukan malwarebernama “Judy” yang bisa menginfeksi hingga 36,5 juta perangkat Android.

Malware Judy bekerja secara otomatis tanpa perlu bantuan pengguna.Malware tersebut meraup untung dari klik palsu pada iklan online dalam jumlah besar, yang dibayarkan ke peretas di belakang operasi tersebut.

Malware tersebut ditemukan pada 41 aplikasi Android yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan Korea. Penyebaran malware sangat cepat, data terakhir menunjukkan telah diunduh antara 4,5 juta hingga 18,5 juta kali.

Menariknya, banyak dari aplikasi-aplikasi tersebut telah “bersembunyi” alias terdaftar di Google Play Store selama bertahun-tahun. Namun meski tertanam malware, aplikasi-aplikasi yang ditumpangi selalu diperbarui.

Check Point juga menemukan beberapa aplikasi buatan pengembang lain yang berisi malware yang sama. Tidak diketahui apa hubungan antara pengembang-pengembang berbeda itu, dan apakah malwaretersebut sengaja atau tidak sengaja menyebar.

Aplikasi yang berisi malware tersebut dikembangkan perusahaan asal Korea bernama Kiniwini yang menggunakan nama ENISTUDIO Corp. di Google Play Store, seperti dikutip dari Antara.

Google telah menghapus aplikasi jahat tersebut dari PlayStore. Aplikasi yang didaftarkan oleh Kiniwini semuanya bernama Judy dalam judulnya, yang menjelaskan bagaimana malware tersebut mendapatkan namanya.

Perlu diketahui bahwa Kiniwini juga mengembangkan aplikasi untuk Apple App Store. Jika Anda memiliki aplikasi tersebut di telepon atau tablet Anda, pastikan Anda segera menghapusnya.

Related posts

Leave a Comment