Thu. May 28th, 2020

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Menkumham: Belum Ada Warga Binaan Terpapar Virus Corona

1 min read

JAKARTA РMenteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly menyatakan sampai saat ini belum ada warga binaan di dalam Lapas atau Rutan yang terindikasi terpapar virus corona atau Covid-19.

“Sampai sekarang belum ada yang terpapar. Karena pintu masuk sudah kami tahan. Tapi kami tidak akan biarkan begitu saja, kami secara bertahap bekerjasama dengan instansi lain,” kata Yasonna dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi III DPR, Jakarta, Rabu (1/4/2020).

 

Politikus PDI Perjuangan itu mengungkapkan bahwa, sejak mewabahnya corona, pihaknya langsung melakukan langkah pencegahan. Di antaranya adalah, penyemprotan disinfektan di seluruh Lapas Indonesia dan juga menutup pembatasan kunjungan tahanan.

“Dan protokol ketat tiap petugas yg masuk harus mengikuti protokol pencegahan covid-19, yaitu pintu masuk harus melalui dispray seluruh tubuh dan wajib memakai masker dan APD seperti sarung tangan, wajib cuci tangan. Kami juga rutin mengeluarkan warga binaan untuk berjemur secara bertahap,” papar Yasonna.

 

Yasonna mengakui, wabah corona sangat rentan dan berbahaya apabila sampai menyebar di Lapas. Mengingat, ruang tahanan Indonesia rerata mengalami kelebihan kapasitas.

“Kami menydari betul bhw lapas yg overkapasitas kami sadari dampaknya jika ada yang sampai terpapar di Lapas. Maka pertama yang kami lakukan adalah disinfektansi terhadap semua lapas-rutan di Indonesia. Juga pembatasan secara ketat tidak dilakukan bertamu kecual vicon (video conference),” tutup Yasonna.

Baca juga !