Mon. Oct 14th, 2019

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Kimchi Bokkeumbap hingga Hoedeopbap, Ini 5 Olahan Nasi Enak Khas Korea

2 min read

Jakarta – Korea punya banyak olahan nasi enak. Ada yang gurih asam pedas hingga manis pedas. Seperti kimchi bokkeumbap hingga hoedeopbap.

Selain China dan Jepang, negara Asia lain yang memiliki ragam olahan nasi sedap ialah Korea Selatan. Ini karena nasi jadi makanan pokok mereka. Tak hanya bibimbap, negara dengan julukan Negeri Ginseng itu juga punya olahan nasi lain seperti gogumabap dan hoedeopbap. 

Berikut 5 olahan nasi khas Korea yang populer.

1. Bibimbap

Foto: Istock

Olahan nasi yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Sebab bibimbab sudah tersedia di banyak restoran Korea Ibukota. Menu ini sebenarnya masuk dalam salah satu comfort food bagi warga Korea.

Bibimbap terdiri dari nasi dengan lauk berupa sayuran, daging sapi, telur dan saus gochujang. Secara harfiah, bibimbap berarti nasi campur. Karenanya nasi dan semua bahan yang ada wajib dicampur secara merata sebelum dimakan.

2. Kimchi bokkeumbap

Foto: maangchi

Bokkeumbap merupakan nasi goreng gaya Korea. Olahan nasi goreng yang paling populer di Negeri Ginseng ialah kimchi bbokkeumbap. Sesuai namanya, nasi goreng ini dipadu dengan kimchi.

Umumnya kimchi bokkeumbap dibuat dari nasi, potongan kimchi, saus gochujang, minyak wijen, potongan bawang daun, dan cincangan kim alias nori. Setelahnya diberi dtaburan biji wijen. 

3. Gogumabap

Foto: maangchi

Sajian yang satu ini punya cita rasa yang unik. Terbuat dari campuran nasi dan potongan ubi jalar, gogumabap punya rasa yang manis legit.

Proses pembuatan hidangan ini tergolong mudah. Usai merebus ubi jalar yang sudah dipotong dadu hingga 10 menit, Anda hanya perlu memasukkan beras ke dalamnya. Kemudian masak hingga ubi dan nasi matang sempurna.

Hidangan ini biasanya disajikan dengan saus pedas gurih yang terbuat dari beberapa bumbu masak. Mulai dari soy sauce, bawang putih, madu, bubuk cabe, daun bawang, dan biji wijen panggang.

4. Doshirak

Foto: Insider

Dalam bahasa Korea, doshirak berarti bekal makan. Umumnya doshirak berisi makanan buatan rumahan seperti nasi, aneka daging, telur, sayuran serta kimchi.

Meski tergolong biasa, namun cara makan doshirak tergolong unik. Penikmatnya harus mencampur semua bahan yang ada hingga rata. Caranya cukup dengan mengocok tempat bekal. 

Kepopuleran doshirak bahkan sampai ke New York. Di sana, sebuah restoran Korea bernama Baekjeong dikenal dengan menu doshiraknya.

5. Hoedeopbap

Foto: maangchi

Foto: maangchi
Jika suka makan nasi dengan campuran ikan mentah, hoedeopbap bisa jadi pilihan. Itu karena olahan nasi ala Korea ini terdiri dari nasi yang diberi topping irisan saengseon hoe alias ikan mentah. 

Jenis ikan yang biasa dipakai antara lain ikan halibut, rockfish, tuna hingga salmon. Sebagai pelengkap, menu ini juga diberi irisan selada, mentimun serta potongan daun bawang, minyak wijen, irisan nori, dan saus chogochujang. Saus chogochujang sendiri terbuat dari campuran cuka, gochujang, dan gula.

Baca juga !