Mon. Oct 21st, 2019

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Ketika 2 Atlet eSport Indonesia Go International

2 min read

Jakarta – Semakin banyak atlet eSport Indonesia yang berkilau dan berprestasi. Hal itu pun membuka jalan bagi mereka berkarir di luar negeri.

Semakin banyak pemain Dota 2 Indonesia yang memilih berkarir di luar negeri. Baru-baru ini, Yusuf ‘Yabyoo’ Kurniawan memutuskan untuk bergabung ke Resurgence, tim Dota 2 asal Singapura dan Kenny ‘Xepher’ Deo yang memutuskan bergabung ke Geek Fam.

Menariknya, kedua pemain ini pernah bermain di tim yang sama yaitu Rex Regum Qeon. Yabyoo sebelumnya bermain di Rex Regum Qeon selama 3,5 tahun. Ia akhirnya memutuskan keluar dari tim usai kegagalan mereka lolos ke playoff ESL National Championship Season 1.

Ia memutuskan masuk ke Antrophy yang berisikan pemain ternama seperti Christian ‘Cije’ Jonathan, mantan pemain Aura Esports dan Azam ‘Nafari’ Aljabar, mantan pemain The Prime Esports. Meski berhasil membawa Antrophy ke babak grup ESL Indonesia Championship Season 2, namun ia gagal membawa tim lolos ke babak playoff.

Ketika 2 Atlet eSport Indonesia Go InternationalYabyoo, paling kanan (Resurgence Fanpage)

Kini, formasi para pemain Resurgence adalah Souliya ‘JaCkkY’ Khoomphetsavong, Yusuf ‘Yabyoo’ Kurniawan, Yang ‘Deth’ Wu Heng, Remus ‘Ponlo’ Goh Zhi Xian, Charl ‘Deth’ Geldenhuys. Selain Yabyoo, Resurgence memasukkan JaCkkY yang sempat membela EVOS di babak grup ESL National Championship Season 2. Meski berhasil membawa tim meraih peringkat kedua namun pemain asal Laos tersebut tidak dimainkan saat babak playoff.

Saat wawancara bersama AEGIS, Yabyoo mengaku keputusannya pindah ke Resurgence karena sedikitnya tim eSports di Indonesia yang memberikan dukungan Dota 2. Selain itu, dia ingin menggali pengalaman dari bergabung dengan tim luar negeri.

“Resurgence saat ini cukup kuat, mereka memiliki skill individu yang tinggi. Kita hanya perlu membutuhkan waktu untuk mengerti satu sama lain di in game.” tambah Yabyoo.

Ketika 2 Atlet eSport Indonesia Go InternationalXepher, kedua dari kanan (Geek Fam Fanpage)

Sedangkan Xepher sebelumnya pernah bergabung di tim luar Indonesia yaitu bersama TNC Tigers yang akhirnya berganti nama menjadi Tigers. Berhasil menjadi juara DreamLeague Season 10 namun penampilan mereka yang terus menurun membuat Tigers memutuskan untuk membubarkan rosternya.

Ia sempat bergabung bersama Geek Fam menjelang kualifikasi The International 2019. Sayangnya, ia gagal membawa tim lolos ke TI9 dan sempat memutuskan keluar dari tim.

\
Tidak lama kemudian namanya muncul di roster terbaru Geek Fam yang merekrut berbagai pemain SEA ternama seperti Carlo ‘Kuku’ Palad yang dikenal sebagai pemain TNC Predator dan Kim ‘DuBu’ Doo-young yang pernah bermain di Fnatic dan MVP Phoenix.

Berikut roster Geek Fam saat ini, yaitu Marc ‘Raven’ Polo Luis Fausto, Eric ‘Ryoya’ Dong, Carlo ‘Kuku’ Palad, Kenny ‘Xepher’ Deo, Kim ‘DuBu’ Doo-young. Semoga Xepher dan Yabyoo semakin moncer di luar negeri. Akankah muncul pemain Dota 2 Indonesia lainnya yang bermain di tim luar Indonesia?