Tue. Oct 20th, 2020

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Jangan Diabaikan, Segera Cuci Tangan Setelah Pegang 5 Benda ini!

2 min read

Mencuci tangan adalah hal penting yang harus diperhatikan untuk menjaga kebersihan dan mencegah kuman serta bakteri menyebar.

Sayangnya, masih banyak orang yang sering mengabaikan pentingnya cuci tangan, contoh sebelum dan setelah mencuci tangan.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit pun merekomendasikan seseorang mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih atau pembersih tangan berbahan dasar alkohol.

Melansir dari Reader’s Digest, peneliti juga menyarankan seseorang segera mencuci tangan setelah memegang beberapa benda di bawah ini.

1. Uang

Beberapa orang mungkin masih sering melakukan transaksi menggunakan uang tunai. Para peneliti di New York City telah menemukan ada ratusan mikroorganisme, termasuk bakteri oral dan vagina dalam selembar uang kertas.

Penelitian serupa juga menunjukkan satu uang koin bisa mengandung patogen seperti e. coli dan salmonella. Karena itu, seseorang disarankan segera mencuci tangan setelah memegang uang.

Ilustrasi uang. (Shutterstock)
Ilustrasi uang. (Shutterstock)

2. Buku menu

Buku menu di restoran mewah sekali pun belum tentu terjamin kebersihannya. Para peneliti dari University of Arizona menemukan bahwa buku menu memiliki 185 ribu organisme bakteri. Ratusan ribu bakteri tersebut disebabkan oleh banyak tangan orang yang memegang buku menu.

Karena itu, Anda disarankan untuk segera mencuci tangan setelah memegang menu sebelum menyantap makanan.

3. Pena

Tanpa Anda sadari, pena justru memiliki 10 kali kuman dibandingkan kursi toilet yang rata-rata mengandung 200 bakteri.

Karena itu, jika Anda meminjam pena dari teman atau di kantor, usahakan segera mencuci tangan Anda setelah menggunakannya.

Ilustrasi menulis. (Pixabay)
Ilustrasi pena. (Pixabay)

4. Handphone

Handphone juga salah satu benda yang mengandung banyak kuman dan lebih banyak dari yang Anda sadari. Apalagi jika kita meminjamkannya ke orang lain. Karena itu, Anda perlu mencuci tangan setiap kali selesai menggunakan handphone.

5. Botol sabun

Para peneliti dari University of Arizona menemukan botol sabun juga mengandung banyak kuman. Peneliti mengatakan menyentuh tempat sabun isi ulang sama seperti mentransfer lebih banyak bakteri ke tangan.