Chat with us, powered by LiveChat
Fri. Jul 19th, 2019

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Jambalaya hingga Loco Moco, 5 Olahan Nasi Enak Khas Amerika

2 min read

Jakarta – Tak hanya di wilayah Asia, beberapa negara bagian Amerika Serikat ini juga punya olahan nasi enak. Rata-rata nasi dicampur dengan ragam biji-bijian.

Jambalaya hingga hoppin’ john masuk dalam olahan nasi populer di Costa Rika hingga Hawaii. Begini bentuk 5 olahan nasi khas Amerika Serikat yang populer dan enak.

1. Jambalaya

Foto: Istimewa

Jambalaya merupakan hidangan tradisional etnis cajun yang juga populer di beberapa wilayah di Amerika Serikat seperti Louisiana. Makanan berbahan dasar beras ini dibuat dengan campuran daging, seafood, dan sayuran. 

Sekilas tampilannya mirip seperti paella. Hanya saja memiliki warna merah yang terang. Di beberapa daerah, jambalaya hadir dalam beragam varian. Sebenarnya hidangan ini berasal dari Spanyol dan Prancis.

2. Gallo Pinto

Foto: Istimewa

Populer di salah satu negara bagian di Amerika Tengah, Kosta Rika, gallo pinto biasa dijadikan menu sarapan. Menu ini kaya akan karbohidrat dan protein. 

Itu karena gallo pinto terbuat dari beras dan kacang-kacangan plus telur. Tampilannya terlihat mirip seperti nasi goreng. Gallo pinto dipilih sebagai menu sarapan karena membuat masyarakat Kosta Rika berenergi hingga waktu makan siang tiba.

3. Arroz con huevo frito

Foto: Istimewa

Olahan nasi yang satu ini berasal dari Puerto Riko. Bisa dibilang arroz con huevo frito merupakan nasi goreng berbumbu minimalis. Karena menu ini terbuat dari nasi yang digoreng dengan bumbu berupa bawang putih, bawang merah, dan garam. Kemudian disajikan dengan telur ceplok.

4. Loco moco 

Foto: Istimewa

Hawaii punya olahan nasi enak bernama ‘loco moco’. Menu ini terdiri dari nasi, tumpukan daging hamburger, telur goreng, dan saus kaldu daging kental berwarna cokelat.

Selain daging, loco moco juga sering berlauk bacon, ham, spam, daging sapi teriyaki, mahi-mahi hingga udang dan tiram. Nama olahan nasi ini diambil dari sebuah rantai restoran yang berbasis di Hawaii. Restoran tersebut memang populer dengan hidangan rice bowl bergaya Hawaii.

5. Hoppin’ John

Foto: Istimewa

Hoppin’ John populer sebagai nasi dan kacang polong khas Carolina. Menu ini umum ditemukan di Amerika Serikat Selatan. Hoppin’ John terbuat dari kacang polong hitam atau kacang polong merah, nasi, bawang cincang, dan irisan daging asap. Kemudian diberi garam untuk memberi rasa asin. 

Makin ke sini, Hoppin’ John hadir dengan lauk lebih beragam. Mulai dari bacon, ham hock, fatback, sosis country atau kalkun asap. Sebagai penambahan sayur, beberapa juga mulai mencampur potongan paprika hijau dan beberapa rempah lain.