Wed. Jan 20th, 2021

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

iPhone 12 Pro Max vs iPhone 11 Pro Max, Mana yang Lebih Baik?

3 min read

 Seri iPhone terbaru Apple, iPhone 12, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max dipastikan akan masuk ke Indonesia. Ketiga ponsel tersebut telah lolos uji sertifikasi Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI) Kominfo beberapa waktu lalu.

Salah satu varian terbaik, iPhone 12 Pro Max, dibanderol seharga 1.399 dolar AS atau setara Rp20,8 juta untuk varian 512GB (belum termasuk pajak). Berbeda dengan varian iPhone 11 Pro Max yang sudah resmi masuk ke Indonesia. Dilansir dari iPrice, iPhone 11 Pro Max varian 512GB dijual seharga Rp22,7 juta.

Meskipun belum masuk ke Indonesia, pembeli mesti mempertimbangkan seri iPhone 12 Pro Max sebelum mengganti varian iPhone sebelumnya. Berikut perbandingan iPhone 12 Pro Max dan iPhone 11 Pro Max, dikutip dari Cnet, Sabtu (28/11/2020).

1.Desain

Baca Juga:Layar Touch iPhone 12 Mini Dikeluhkan, Ini yang Diupdate Apple

Penampakan iPhone 12. [Twitter]
Penampakan iPhone 12. [Twitter]

Perbedaan paling mencolok terlihat pada sisi ponsel. Apple menghadirkan kembali sisi berbentuk persegi dari iPhone 5 ke desain iPhone 12 Pro Max. Selain itu, sisi ini juga menggunakan bingkai baja tahan karat modern yang menampilkan desain lebih mengkilap.

2. Ukuran

iPhone 12 Pro Max memiliki ukuran layar 6,7 inci dan memiliki dimensi 6,33×3,07×0,29 inchi. Sedangkan iPhone 11 Pro Max memiliki ukuran layar 6,5 inci dan berdimensi 6,22×3,06×0,32 inchi.

Untuk berat, iPhone 12 Pro Max memiliki ukuran 228 gram. Sedangkan iPhone 11 Pro Max memiliki ukuran 226 gram.

Pada bagian ini, layar iPhone 12 Pro Max lebih besar ketimbang iPhone 11 Pro Max. Hal ini disebabkan karena iPhone 12 Pro Max menampilkan bezel yang lebih ramping. Sehingga layar yang ditampilkan menjadi lebih luas tanpa harus meningkatkan ukuran dan berat ponsel yang lebih banyak.

3. Pelindung Layar

Dalam seri iPhone 12 Pro Max, Apple meluncurkan teknologi terbaru bernama Ceramic Shield. Perusahaan mengatakan bahwa pelindung memberikan kinerja lebih baik dibanding Gorilla Glass pada iPhone 11 Pro Max.

Benar saja, setelah diuji Cnet, iPhone 12 Pro Max hampir tidak bisa dihancurkan. Berbeda dengan iPhone 11 Pro Max yang layarnya mengalami kerusakan sedikit.

4. Chip dan Layar

iPhone 12 Pro Max diluncurkan dengan chip A14 Bionic Apple, yang merupakan penerus dari prosesor A13 milik iPhone 11 Pro Max. Sedangkan di bagian layar, kedua ponsel ini mendukung layar 60Hz.

5. Baterai

Apple tidak merilis berapa kapasitas baterai yang dimiliki produknya. Mereka hanya mengatakan bahwa kedua ponsel mampu bertahan selama 20 jam. Namun saat diuji Cnet, baterai iPhone 11 Pro Max mampu bertahan hingga 18 jam. Sedangkan iPhone 12 Pro Max hanya bertahan selama 17 jam.

6. iOS 14

Kedua ponsel ini telah kompatibel dengan fitur iOS 14.

7. Kamera

iPhone 12 Pro Max memiliki peningkatan dalam hardware dan software di pengaturan kamera. Apple menyebutnya sebagai Lidar (Light Detection and Range). Lidar ini berfungsi untuk meningkatkan kedalaman foto, meningkatkan efek mode potret, dan menaikkan fokus pada cahaya rendah.

Fitur baru lainnya yang terdapat di iPhone 12 Pro Max adalah Apple ProRaw. FItur ini menggabungkan kemampuan fotografi komputasi Apple dengan format gambar mentah dan memberikan foto geeks yang terbaik.

Untuk lensa ultra-wide, kedua iPhone tersebut memiliki spesifikasi yang sama. Namun Apple telah memperbaiki dengan peningkatan perangkat lunak di iPhone 12 untuk memperbaiki distorsi lensa. Perangkat lunak ini juga membuat foto Mode Malam menjadi lebih baik.

 

8. 5G

Ilustrasi koneksi internet 5G (Shutterstock).
Ilustrasi koneksi internet 5G (Shutterstock).

Bagian ini yang menjadi keunggulan dari iPhone 12 Pro Max. Apple mengatakan bahwa iPhone 11 Pro Max masih belum memiliki dukungan untuk 5G.

Itulah beberapa perbedaan antara iPhone 12 Pro Max dengan iPhone 11 Pro Max. iPhone 12 unggul di beberapa sektor, seperti kamera, ukuran layar, chip, dan jaringan 5G. Namun dalam kemasan iPhone 12 Pro Max tidak menghadirkan charger, hanya kabel saja yang disediakan.

Keunggulan 5G juga masih belum mendukung di Indonesia. Ini bisa jadi pertimbangan pembeli apakah perlu untuk mengganti iPhone lama dengan iPhone baru tersebut.