Ini Penyakit yang Diderita Ayah Dewi Perssik, Ketahui Cara Mencegahnya

Kabar duka datang dari pedangdut Dewi Perssik. Sang ayah Mochammad Aidil meninggal dunia, hari ini, Minggu, 9 Juni 2019. 

Kabar ini pertama kali diketahui dari pesan yang dikirim oleh kerabat dekat Dewi Perssik, yakni Santi Milani kepada awak media. Kondisi kesehatan sang ayah menurun sejak bulan Februari 2019. Almarhum sempat menjalani perawatan di rumah sakit MRCC Siloam, Semanggi sebelum akhirnya tutup usia.

Mochammad Aidil sendiri meninggal dunia karena menderita sakit paru-paru, ginjal, dan kencing manis, yang diduga kuat merupakan komplikasi dari diabetes. Dalam Riskesdas 2018 (Riset Kesehatan Dasar) Kementerian Kesehatan, prevalensi diabetes melitus meningkat dari 6,9 persen menjadi 8,5 persen.

Seperti dilansir dari Mayo Clinic, diabetes tipe 2 terjadi ketika tubuh menjadi resisten terhadap insulin atau ketika pankreas tidak mampu menghasilkan insulin yang cukup. Namun, sebab pasti hal ini terjadi tidak diketahui, meskipun faktor genetika dan lingkungan, seperti kelebihan berat badan dan kurang aktivitas fisik, merupakan faktor yang berkontribusi.

Diabetes tipe 2 seringkali diabaikan, terutama pada tahap awal ketika pasien merasa baik-baik saja. Tetapi diabetes mempengaruhi banyak organ utama, termasuk jantung, pembuluh darah, saraf, mata, dan ginjal.  

Meskipun komplikasi jangka panjang dari diabetes berkembang secara bertahap, mereka pada akhirnya dapat melumpuhkan atau bahkan mengancam jiwa. Diabetes dalam beberapa kasus dapat menyebabkan gagal ginjal atau penyakit ginjal tahap akhir yang tidak dapat disembuhkan, yang mungkin memerlukan dialisis atau transplantasi ginjal.

Pilihan gaya hidup sehat dapat membantu mencegah diabetes tipe 2. Beberapa di antaranya dari memilih makanan sehat, usahakan untuk melakukan aktivitas fisik moderat minimal 30-60 menit, atau 15-30 menit, menurunkan berat dan hindari gaya hidup sedentary atau kurang gerak.