Mon. Aug 3rd, 2020

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Industri Esports Buka Lapangan Pekerjaan Baru, Atlet hingga Konten Kreator

2 min read

JAKARTA – Industri esports disebut-sebut mampu membuka peluang pekerjaan atau profesi baru. Ketua Umum Indonesia Esports Association (IESPA) Eddy Lim mengatakan bahwa industri esports salah satunya bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Tidak hanya menjadi atlet di industri ini, seseorang juga bisa berperan sebagai organizer, shoutcaster, konten kreator, dan berbagai profesi lain sesuai talenta.

“Tinggal bagaimana kita berpikir kreatif serta mengasah keahlian agar bisa masuk ke bidang-bidang tersebut,” ujar Eddy Lim.

Dengan diselenggarakannya event turnamen esports, tidak hanya menguntungkan dari segi ekonomi semata, tetapi telah membuka berbagai macam lapangan pekerjaan baru di industri kreatif, tidak hanya bagi seorang pro players, industri Event Organizer juga mengalami keuntungan yang sangat signifikan.

Dengan animo anak muda akan esports, bermunculan juga para konten kreator dan juga streamer yang menjadikan bermain game sebagai penghasilan utama mereka. Dengan bermodalkan smartphone, para streamer bisa menghasilkan jutaan hingga ratusan juta rupiah dari kontrak dengan aplikasi streaming dengan hanya bermain game, misalnya PUBG Mobile.

Pengamat Ekonomi dan juga Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA), Yustinus Prastowo mengungkapkan, industri ini bakal menjadi pilar ekonomi baru bangsa ini yang harus dikembangkan pemerintah.

Pemerintah dan pelaku industri ini diharapkan lebih meningkatkan literasi akan peluang karir industri esports kepada masyarakat luas, agar balance dengan dunia pendidikan.

Salah satu contoh industri di bidang e-sports yang disebutkan oleh Yustinus Kartowo tersebut adalah permainan game mobile yang sangat digandrungi anak muda saat ini, PUBG Mobile yang sangat peduli dengan ekosistem e-sports di Indonesia. PUBG mobile sangat serius menjembatani para anak muda agar bisa melangkah menjadi atlet-atlet e-sports profesional.

Selain itu, PUBG Mobile juga berinvestasi miliaran rupiah dengan rutin menyelenggarakan kompetisi berjenjang di Indonesia di tingkat amatir ada PUBG College Championship, dan tingkat nasional PUBG Mobile juga menyelenggarakan PUBG Mobile Indonesia National Competition.