Sat. Aug 15th, 2020

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Durasi Pandemi Corona Akan Panjang, Komite Darurat WHO Ingatkan Resikonya

2 min read

Jenewa –

Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa pandemi Corona akan panjang. Dalam rapat komite darurat, komite mengevaluasi pandemi selama enam bulan dan mengingatkan soal resiko krisis ini.

Seperti dilansir dari AFP, Minggu (2/8/2020) komite itu “menyoroti durasi panjang pandemi COVID-19 yang diantisipasi ini”. WHO dalam pernyataannya memperingatkan risiko “kelelahan dalam menangani Corona” karena tekanan sosial-ekonomi di negara-negara.

“WHO terus menilai tingkat risiko global COVID-19 menjadi sangat tinggi,” ujar WHO dalam pertemuan tersebut.

Virus corona baru telah menewaskan sedikitnya 680.000 orang dan menginfeksi sedikitnya 17,6 juta orang sejak wabah itu muncul di China Desember 2019.

Tidak mengherankan, panel, yang terdiri dari 17 anggota dan 12 penasihat, dengan suara bulat setuju bahwa pandemi masih merupakan PHEIC.

Beberapa negara di dunia telah memberlakukan lockdown ketat dalam upaya untuk mengendalikan penyebaran virus, yang juga menjerumuskan ekonomi ke dalam kontraksi tajam.

Komite mendesak WHO untuk memberikan panduan pragmatis tentang manajemen COVID-19 “untuk mengurangi risiko kelelahan dalam merespons Corona dalam konteks tekanan sosial-ekonomi”.

Panel mendesak WHO untuk mendukung negara-negara dalam mempersiapkan peluncuran terapi pengobatan dan vaksin yang telah terbukti.

Sebelumnya, WHO terus menyuarakan agar dunia tetap berfokus menghadapi pandemi virus Corona COVID-19. Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengingatkan bahwa wabah ini kejadian langka yang dampaknya bisa terasa selama puluhan tahun ke depan.Komite juga mendesak WHO untuk mempercepat penelitian terkait virus ini.

“Pandemi ini adalah krisis kesehatan sekali dalam seratus tahun. Efeknya akan terasa selama beberapa dekade,” kata Tedros saat membuka pertemuan komite darurat pada Jumat (31/7/2020), seperti dikutip dari Reuters.

Baca juga !