Wed. Nov 13th, 2019

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Dilarang Pakai Kacamata saat Kerja, Wanita di Jepang Protes

2 min read

Para wanita di Jepang menyerbu Twitter dan memprotes kebijakan yang melarang penggunaan kacamata untuk bekerja. Tagar “glasses are forbidden” menjadi trending topic.

Dilansir dari Straitstimes, Minggu (10/11/2019), tagar itu banyak dipakai warganet setelah sebuah acara televisi Jepang mengekspos bisnis yang memaksakan larangan tersebut kepada pegawai wanita.

“Ini adalah aturan yang kedaluwarsa,” ucap salah satu pengguna Twitter yang juga menambahkan tagar “glasses are forbidden” di cuitannya.

Sementara warganet yang lain merasa alasan yang diberikan oleh pemilik bisnis itu tidak masuk akal.

Seorang wanita yang bekerja di restoran menceritakan dalam cuitan di Twitter bahwa dia berulang kali diberitahu untuk tidak memakai kacamata.

Alasannya karena itu dianggap terlihat “kasar”. Cuitan itu bahkan sudah dibagikan hampir 13 ribu kali.

“Jika larangan mengenakan kacamata itu hanya ditujukan untuk perempuan, ini adalah diskriminasi terhadap perempuan,” kata Kanae Doi, direktur kelompok advokasi global, Human Rights Watch di Jepang, kepada Thomson Reuters Foundation, Jumat (8/11).

Awal tahun ini juga muncul kampanye yang menuntut perusahaan Jepang berhenti memaksa staf wanita untuk memakai sepatu hak tinggi saat bekerja.

Lebih dari 21 ribu orang menandatangani petisi online terkait kampanye itu. Kampanye memprotes sepatu hak tinggi di tempat kerja ini dimulai oleh aktris Jepang, yang dikenal sebagai gerakan #KuToo.

Menanggapi hal itu, seorang Menteri di Jepang mengatakan adanya ekspektasi aturan berpakaian yang “perlu dan sesuai” di tempat kerja.

Saat ini Jepang berada di peringkat 110 dari 149 negara dalam World Economic Forum berdasarkan laporan Global Gender Gap Global World Forum. Jepang jauh di belakang negara-negara maju lainnya terkait isu kesetaraan gender.

Baca juga !