Mon. Oct 14th, 2019

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Di Pantura Ada Nasi Bogana dan Nasi Megono yang Sedap Nikmat

2 min read

Jakarta – Tiap kota di jalur pantura punya racikan nasi sedap. Di Cirebon ada nasi lengko yang sederhana hingga kota Tegal dengan nasi bogana komplet.

Nasi putih dengan aneka lauk jadi ciri khas nasi lengkap nusantara. di kota-kota sepanjang pantai utara ada beragam lauk yang melengkapi. Meski umumnya seafood tapi ada juga olahan ayam, daging, hingga tahu dan tempe. Disantap hangat tentulah sedap, seperti 5 racikan nasi ini.

1. Nasi bogana

Hidangan nasi khas Tegal ini terkenal dengan ciri bungkus daun pisangnya. Nasi bogana atau nasi begana adalah sebutan untuk nasi rames khas Tegal yang disajikan dengan berbagai lauk pendamping. 

Seporsi nasi putih tersaji dengan lauk seperti opor ayam, telur pindang, sambal hingga oseng tempe, dendeng sapi dan tumis buncis. Aroma daun pisang membuat nasi ini lebih menggugah selera. 

2. Nasi lengko

Foto: Instagram

Nasi lengko terkenal sebagai salah satu kuliner khas Cirebon. Meski sederhana, nasi ini cukup populer dan banyak disukai. Seporsi nasi lengko disajikan dengan tempe dan tahu goreng, mentimun, tauge rebus, daun kucai dan bumbu kacang.

Sebagai penambah rasa, nasi lengko juga disajikan dengan kucuran kecap manis yang encer. Nasi ini juga biasa disajikan dengan taburan daun kucai dan kerupuk. 

3. Nasi Megono

Foto: Instagram

Nasi megono atau sega megono bisa dengan mudah ditemui di Pekalongan, Batang hingga Pemalang. Nasi megono terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan cacahan nangka muda yang dicampur kelapa parut. 

Nangka dan kelapa parut ini sudah dimasak dengan berbagai campuran bumbu sehingga rasanya gurih, pedasdan enak. Pelengkap nasi megono adalah sepotong tempe mendoan hangat atau serimping goreng.

4. Nasi Gandul 

Foto: Instagram

Nasi gandul terkenal sebagai salah satu makanan khas di daerah Pati. Ciri khas penyajian nasi gandul adalah dengan piring beralas daun pisang dan sendok yang juga terbuat dari daun pisang. 

Seporsi nasi gandul terdiri dari nasi putih yang diguyur kuah gandul yang diolah dari daging sapi. Tampilannya mirip soto dan biasa disajikan dengan lauk pelengka. Seperti tempe goreng, perkedel, pindang telur hingga aneka kerupuk.

5. Nasi Ayam 

Foto: Instagram

Di Semarang ada nasi khas yang tak boleh dilewatkan. Nasi ayam ini bukan sekedar nasi yang disajikan dengan ayam karena nasinya sudah diolah menjadi nasi gurih. Proses pembuatannya mirip seperti membuat nasi liwet. 

Nasi ayam biasa disantap dengan ayam suwir, telur rebus dan diguyur dengan kuah opor. Makin enak lagi menyantap nasi ayam dengan tambahan sambal goreng jipang dan tahu yang pedas. Aneka sate seperti usus, hati, ampela dan telur puyuh jadi lauk pendampingnya.

6. Nasi Brongkos
Nasi brongkos biasanya dijadikan menu sarapan masyarakat Demak, Jawa Tengah. Nasi putih ini disajikan dengan banyak lauk khas. 

Lauk utama dari nasi brongkos adalah nangka muda yang dimasak dengan kacang merah. Santan dan berbagai bumbu membuat lauk ini kaya rasa. Kini nasi brongkos juga banyak disajikan dengan aneka lauk seperti telur pindang, mendoan dan aneka sate. 

Baca juga !