Tue. Jan 19th, 2021

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Dalgona Coffee Viral, Dipopulerkan YouTuber Korea hingga Ditanya Raisa

3 min read

Jakarta –

Dalgona coffee kini tengah viral. Sudah banyak yang tahu resepnya, tapi banyak orang belum tahu asal usul dalgona coffee. Juga fakta menarik lainnya seperti berikut.

Kepopuleran dalgona coffee berawal dari banyaknya netizen Tik Tok yang membagikan resep minuman kopi susu ini. Apalagi bahan membuatnya mudah dan tampilannya Instagramable. Berupa busa kental dari kopi yang dikocok lalu ditaruh di atas susu segar.

Rasanya juga enak seperti es kopi susu kekinian pada umumnya. Resep dalgona coffee kemudian berkembang dengan pemakaian bahan lain. Bukan hanya dibuat dari kopi tapi juga susu cokelat, matcha, hingga minuman jeruk instan.

Di balik viralnya minuman kopi susu ini, belum banyak yang tahu dalgona coffee dari mana. Juga trik praktis membuat dalgona coffee tanpa mikser atau whisk (alat pengocok). detikFood merangkum fakta unik soal dalgona coffee seperti berikut.

1. Asal-usul dalgona coffee
Nama dalgona pada kopi ini diambil dari nama permen tradisional Korea Selatan yang warna dan teksturnya mirip. Dalgona memiliki nama lain ppopgi. Permen ini dibuat dengan campuran gula dan minyak yang dipanaskan hingga jadi karamel lumer.

Karamel gula lalu ditambahkan sedikit soda kue lalu diaduk hingga jadi adonan kental dan lengket, mirip gulali. Dalgona sudah populer sejak tahun 1970 sehingga sering disebut permen legendaris Korea Selatan.

Hanya saja India Today (6/4) menyebut dalgona coffee mirip kreasi kopi tradisional India bernama phenti hui. Sama-sama dibuat dengan cara dikocok, namun penyajiannya sedikit berbeda. Kalau dalgona coffee susunya di bagian bawah, pada phenti hui susunya ada di atas.

2. Resep dalgona coffee dipopulerkan YouTuber Korea
Dikutip dari Insider (6/4), pencarian “dalgona coffee” tidak ditemukan di Google sampai akhirnya muncul pada 26 Januari 2020. Kemudian istilah dalgona coffee makin populer sejak resepnya dibuat YouTuber Korea bernama 자도르J’adore.

Ia mengunggah video resep berjudul “3 Ingredients Easy Frothy Coffee |Dalgona Coffee |Quarantine Coffee Challenge” pada 6 Maret 2020. Hingga berita ini ditulis, video ini sudah dilihat lebih dari 9 juta kali.

Berdurasi kurang dari 3 menit, 자도르J’adore memperlihatkan betapa praktisnya membuat dalgona coffee. Ia menciptakan busa kopi dengan cara mengocoknya memakai whisk. Ia juga merekomendasikan komposisi resep yang ideal adalah 1/3 busa kopi di atas 2/3 susu segar.

3. Dalgona coffee jadi tren di TikTok
Setelah di YouTube, dalgona coffee juga jadi tren di Tik Tok. Banyak sekali pemilik akun TikTok populer membuat resep minuman ini. Salah satunya @thatssopar yang videonya sudah disukai lebih dari 23.000 kali.

Ia menggunakan kopi hitam instan, gula pasir, susu almond, dan krimer cair. Selanjutnya kopi hitam instan dimasukkan ke dalam mangkuk lalu ditambahkan gula pasir dan sedikit air panas. Setelah itu racikan kopi diaduk menggunakan kocokan (whisk) hingga berbusa dan cukup kental.

Barulah busa kopi ditaruh di gelas yang sudah diisi es batu, susu almond, dan krimer cair. Ia pun mengatakan kalau rasa dalgona coffee sangat enak.

4. Buat dalgona coffee pakai saringan, bukan mixer atau whisk
Di Indonesia, banyak juga YouTuber yang membagikan resep dalgona coffee. Namun punya Devina Hermawan bisa dibilang jadi salah satu yang terpopuler. Saat berita ini ditulis, video “3 Minutes 100% SUCCESS! Brown Sugar Dalgona Coffee Recipe” miliknya telah ditonton lebih dari 1,4 juta kali.

Untuk bahan-bahannya memakai 2 sendok makan (sdm) kopi bubuk tanpa ampas, 2 sdm brown sugar, dan 2-3 sdm air hangat. Bahan lainnya adalah susu cair, susu evaporasi/santan, dan batu es.

Saat mengocok busa kopi, Devina menggunakan saringan mungil. Saringan itu diputar-putar di mangkok datar berisi larutan kopi. Ternyata dalam waktu sekitar 3,5 menit, busa kopinya sudah mengental dan kaku. Ditandai juga dari warnanya yang pucat. Cara inipun dinilai banyak orang lebih praktis ketimbang menggunakan whisk yang bisa memakan waktu 5 menit. Selain itu, memakai saringan lebih praktis dibanding mixer yang tak dimiliki semua orang.

5. Raisa tanya dalgona coffee
Pada 2 April 2020, Raisa menghebohkan Twitter dengan kicauan, “Dalgona coffee itu apa sih guys??” Saat berita ini dibuat, kicauan Raisa sudah di-love lebih dari 42.000 akun dan menuai lebih dari 4.500 komentar.

Banyak netizen menjawab pertanyaan ibu satu anak ini. Tak sedikit yang menyelipkan candaan. “Bawah nya susu , atas nya kopi dikasi gula sama air panas terus diaduk aduk sampe lebaran,” tulis @siapaaloe.

Ada juga yang memberikan resep dan video singkat cara membuat dalgona coffee untuk Raisa. Tak lama berselang, ia juga berkicau lagi. “Waa banyak bgt yg ngasih video tutorialnya jd pengen coba buat. Makasiii,” kata Raisa.

Baca juga !