Mon. Apr 6th, 2020

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Blokir Ponsel Ilegal, Pemerintah Tentukan Mekanisme ‘White List’

1 min read

JAKARTA РPemerintah melalui tiga kementerian, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menentukan mekanisme pengendalian nomor IMEI ponsel dengan skema White List.

Mekanisme pengendalian IMEI ini bertujuan untuk mencegah peredaran ponsel ilegal di Indonesia yang akan diterapkan pada 18 April 2020.

“Pemerintah berkomitmen untuk melaksanakan proses pembatasan penggunaan perangkat bergerak yang tersambung melalui jaringan seluler melalui pengendalian IMEI sesuai dengan peraturan tiga kementerian yang berlaku, yaitu terhitung 18 April 2020 dengan skema White List yaitu proses pengendalian IMEI secara preventif,” kata Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Kominfo, Ismail di Kantor Kominfo Jumat (28/2/2020).

Mekanisme pengendalian IMEI bertujuan mencegah peredaran ponsel ilegal di Indonesia.

Dengan skema White List, pengguna bisa terlebih dahulu menguji perangkat sebelum membeli dengan mengecek IMEI ponsel pada website resmi Kementerian Perindustrian (imei.kemenperin.go.id).

Pemerintah mengimbau masyarakat untuk pintar membeli perangkat yang legal.

“Pemerintah mengimbau masyarakat untuk kritis dan cerdas dengan melakukan pengecekan IMEI sebelum melakukan pembelian ponsel baik melalui toko maupun online,” kata Ismail.