Sun. Feb 28th, 2021

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Beli Bisnis Modem Intel, Apple Lepas dari Jerat Qualcomm

1 min read

 Apple, pada Kamis (26/7/2019), mengumumkan telah membeli bisnis modemIntel senilai 1 miliar dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 14 triliun. Langkah ini akan membuat Apple bebas dari ketergantungan terhadap Qualcomm, yang selama ini memasok modem untuk produk Apple, termasuk iPhone.

Dalam pembelian itu, Apple akan menyerap 2.200 karyawan Intel dan juga hak kekayaan intelektual milik Intel. Alhasil Apple akan menguasai 17.000 hak paten di bidang teknologi nirkabel, mulai dari teknologi komunikasi seluler standar hingga modem.

Dengan pembelian itu, Apple hanya akan menguasai bisnis modem Intel untuk perangkat seluler. Sementara Intel masih mempertahankan hak untuk mengembangkan modem untuk produk selain ponsel, seperti komputer, perangkat industri, serta mobil nirawak.

Intel sejak tahun lalu telah menjadi pemasok modem untuk iPhone, setelah Apple terlibat sengketa hukum dengan Qualcomm yang sebelumnya menjadi pemasok utama modem untuk iPhone.

Apple kalah dalam sengketa di pengadilan melawan Qualcomm pada April lalu, tetapi secara mengejutkan memutuskan untuk kembali menggunakan modem buatan perusahaan di balik prosesor Snapdragon tersebut. Hanya beberapa jam setelah keputusan itu, Intel mengumumkan menutup bisnis modem untuk ponsel.

Langkah Apple membeli bisnis modem Intel akan membuatnya lebih leluasa di bertarung industri ponsel. Apa lagi dua pesaingnya, Samsung dan Huawei sudah memproduksi sendiri modem-modem untuk ponsel mereka masing-masing.

Seorang sumber yang diwawancarai Reuters mengatakan bahwa Apple masih menggunakan modem Qualcomm untuk iPhone berteknologi 5G pada 2020. Tetapi mulai 2021, Apple sudah memproduksi modem 5G sendiri untuk iPhone.