Tue. May 18th, 2021

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Begini Cara Membuat Dashi, Kaldu Jepang yang Rasanya Umami

2 min read

Jakarta –

Rasa umami pada makanan Jepang ternyata berasal dari bumbu penyedap berupa kaldu gurih. Bernama dashi, seperti apa racikannya?

Makanan Jepang terkenal dengan rasa umami, deskripsi rasa kelima yang ditemukan chef Jepang tahun 1907. Umami digambarkan sebagai rasa kompleks dengan dominasi gurih yang berasal dari asam glutamat. Untuk menghadirkan rasa umami, orang Jepang umum memakai penyedap rasa bernama dashi.

Dashi merupakan kaldu dasar untuk semua makanan khas Jepang. Kaldu ini terbuat dari bahan dasar kombu (rumput laut) kering serta katsuobuoshi (ikan cakalang yang diawetkan). Katsuobuoshi sangat keras seperti akan pohon lalu diserut terlebih dahulu sebelum dimasukkan sebagai campuran dashi.

detikFood berkesempatan melihat langsung cara pembuatan dashi yang didemokan Chef asal Jepang, MORITA Atsushi. Chef MORITA hadir dalam acara misi Diplomatik Jepang untuk ASEAN bertajuk ‘Pengenalan Kuliner dan Budaya Makan Jepang untuk Persahabatan dan Kerjasama ASEAN-Jepang’ yang diselenggarakan di Kantor ASEAN Jakarta (6/2).

Begini Cara Membuat Dashi, Kaldu Jepang yang Rasanya UmamiFoto: dok. detikFood / Yenny Mustika Sari

Menurut Chef MORITA, dashi ini bisa dibuat dari kaldu kombu (rumput laut), katsuobuoshi (ikan cakalang yang diawetkan), ikan teri kering, dan jamur shiitake kering. Langkah pembuatannya sangat mudah, karena hanya tinggal mencampurkan air dengan salah satu bahan untuk membuat kaldu tersebut.

Dalam demonya, Chef MORITA memperlihatkan cara pembuatan dashi dengan bahan kombu maupun katsuobuoshi. Pada proses pembuatan dashi tersebut, chef MORITA memasukkan kombu ke dalam air yang telah dipanaskan.

Begini Cara Membuat Dashi, Kaldu Jepang yang Rasanya UmamiFoto: dok. detikFood / Yenny Mustika Sari

Namun menurut penuturan Chef MORITA, merebus kombu ada batasan waktunya. Setidaknya hanya memerlukan waktu sekitar 30-60 menit saja. Jangan terlalu lama karena akan meninggalkan bau yang amis (tidak sedap).

Setelah itu, kombu tersebut ditiriskan dan ditunggu higga mendidih baru dimasukkan katsuobuoshi. Chef MORITA pun tak lupa memperlihatkan cara menyerut katsuobuoshi.

Begini Cara Membuat Dashi, Kaldu Jepang yang Rasanya UmamiFoto: dok. detikFood / Yenny Mustika Sari

Bahan katsuobusohi itu didiamkan di dalam air panas beberapa saat agar cita rasa gurih pada kaldu lebih terasa. Selanjutnya air kaldu ini ditiriskan dengan saringan agar katsuobuoshi tidak mengikut pada dashi. Dashi pun bisa digunakan untuk beragam makanan khas Jepang.

Pada acara tersebut disajikan pula tiga jenis makanan yang dimasak dengan dashi atau kaldu penyedap rasa khas Jepang. Diantaranya Chawanmushi, Dashi Anke dengan ikan salmon, dan Tori-gobo Rice.

DetikFood berkesempatan mencicipi ketiga makanan tersebut. Untuk chawanmushi disajikan dengan potongan jamur dan edamame, teksturnya sangat lembut dan rasanya nikmat sedikit gurih.

Begini Cara Membuat Dashi, Kaldu Jepang yang Rasanya UmamiFoto: dok. detikFood / Yenny Mustika Sari

Lalu kami pun mencicipi dashi anke dengan ikan salmon, yang juga gurih dengan tambahan ikan salmo. Terakhir ada tori-gobo rice yaitu sajian seperti nasi goreng dengan campuran potongan daging ayam serta jamur. Namun untuk cita rasa sajian nasi ini terasa hambar karena hanya menggunakan dashi.

Ketika ditanya mengapa tiga jenis menu tersebut yang disajikan, Chef MORITA menjawab kalau ketiganya adalah hidangan yang sederhana dan mudah sekali untuk ditiru di rumah. Sebanyak 90% makanan khas Jepang bisa menggunakan campuran dashi pada masakannya. Dashi ini juga bisa lho dijadikan bahan campuran pada makanan luar Jepang, karena fungsinya sebagai penyedap rasa untuk masakan.