Mon. Mar 8th, 2021

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Banjir Kalsel, Denny Indrayana Ajak Kedepankan Kemanusiaan

2 min read

Jakarta –

Calon Gubernur Kalimantan Selatan Denny Indrayana mengajak semua pihak berfokus membantu korban bencana banjir di Kalsel. Denny pun memutuskan meninggalkan sejenak urusan gugatan ke KPU Kalsel soal Pilkada Kalsel.

“Melihat kondisi yang semakin parah di Banua, ulun (aku, bahasa Banjar) hari ini memutuskan segera kembali ke Kalimantan Selatan. Dengan penerbangan jam 12.30 WIB dengan pesawat Garuda. Ulun tinggal dulu urusan-urusan di Bawaslu RI, walaupun semalam hanya melapor. Semalam Jumat ulun melapor lagi ke Bawaslu RI dan urusan-urusan di MK,” kata Denny kepada wartawan, Sabtu (16/1/2021).

 

 

Denny melihat saat ini masalah bencana banjir di Kalsel jauh lebih penting. Dia mengingatkan bahwa tidak semua ada kaitannya dengan politik praktis.

“Kondisi Kalimantan Selatan, bencana, lebih penting, mari kita sama-sama upayakan yang terbaik untuk sanak-sanak kita di lapangan yang mengalami musibah dan terdampak dengan banjir. Tidak usah berpikir tentang politik. Tidak semua ada kaitannya dengan politik praktis,” ujarnya.

Dia mengajak semua pihak untuk mengedepankan sisi kemanusiaan untuk membantu korban bencana banjir Kalsel.

“Mari kedepankan sisi kemanusiaan. Untuk membantu sanak-sanak kita, membantu Banua kita. Kebersamaan jauh lebih penting. Dan tentu perlu dikedepankan dalam situasi atau suasana semacam ini,” ungkapnya.

Dia juga mengingatkan soal eksploitasi alam yang mungkin saja menjadi penyebab bencana. Namun dia ingin semua fokus pada evakuasi tanggap darurat.

“Bencana datang tentu ada sebab dan musababnya. Dan salah satu yang harus kita evaluasi secara sangat mendasar, sangat fundamental, cara kita mengeksploitasi kekayaan alam Kalimantan kita. Tidak terkecuali penambangan-penambangan kita. Tapi itu bisa kita simpan dulu,” kata Denny.

Sekarang yang mesti dikedepankan tahap tahap evakuasi tanggap darurat. Dan membantu sanak-sanak kita dengan kebutuhan-kebutuhan dasar yang dibutuhkan,” imbuhnya.

Untuk diketahui, banjir bandang merendam sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan (Kalsel) hingga saat ini. Basarnas mengungkapkan sudah ada 2.600 warga terdampak banjir yang mengungsi.

“Untuk banjir Kalsel, saat ini masih berlangsung proses evakuasi. Dan jumlah pengungsi saat ini berjumlah 2.600 orang,” ujar Kepala Basarnas Marsma TNI Bagus Puruhito dalam jumpa pers di JICT II, Jumat (15/1/2021).

 

 

Bagus mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan dirinya bersama Panglima TNI Hadi Tjahjanto melakukan kunjungan ke Kalsel besok. Selain itu, mereka akan mengunjungi Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), yang terdampak gempa bumi.

Baca juga !