Mon. Oct 14th, 2019

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

5 Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Patch 7.22d di Dota 2

5 min read

Jakarta – Setelah Epicenter Major, Icefrog yang merupakan otak dari update Dota 2 mulai beraksi lagi. Apa lagi kalau bukan balance patch.

Balance patch kali ini termasuk minor alias tak banyak perubahan. Tetapi bagi kamu yang akan menikmati The International (TI) qualifier yang sudah berlangsung pasti bakal merasakan drafting yang sedikit berbeda dari Epicenter Major. Nah, ini dikarenakan ada beberapa hero yang terlalu “imba” karena sedikit di-nerf oleh Icefrog. Mau tahu lengkapnya? Yuk simak artikel di bawah ini.

Hero-hero antre agar dibuff oleh Icefrog (dok: Nerfnow)

Grimstroke: Hero Meta yang di-Nerf

Masih ingat dengan top first pick Epicenter Major, Grimstroke? Hero yang sudah digadang-gadang akan di-nerf ini akhirnya kena nerf juga oleh Icefrog. Nerf Grimstroke sebenarnya tidak major, yaitu hanya mengurangi soul bind dari slownya yang bisa bertambah seiring bertambahnya level, sekarang menjadi statik di 10% saja. Grimstroke menjadi top pick karena kekuatannya di laning stage dan team fight. Dengan berkurangnya slow dari soul bind pada level-level akhir maka hero ini akan sedikit melemah di late game. Tapi jangan khawatir bagi kamu favorit wombo combo dari Grimstroke. Nerf ini sepertinya tetap akan membuat Grimstroke jadi hero yang berbahaya. Ulti Grimstroke, soulbind, merupakan ulti yang game breaking karena apabila tidak bisa diantisipasi, musuh bisa sekejap kalah. Bayangkan dua kali skill baik itu normal maupun ulti yang mengenai hero core musuh. Itulah kekuatan utama dari Grimstroke. Kami yakin Grimstroke bakal jadi hero kunci di The International nanti.

Nerf untuk Grimstroke. (dok: dota2.com)

Masa Io dan Gyro Berakhir

Io dan Gyro merupakan hero combo yang sering dipakai di meta kali ini. Tapi sepertinya masa-masa itu akan berakhir. Pada patch anyar, Io mendapatkan nerf yang lumayan major. Talent Io level 20 yang membuatnya sangat kuat, tether aghanim, diubah oleh Icefrog menjadi talent yang berbeda. Talent itu berubah menjadi +15 armor saja. Kalau sebelumnya Io bisa memilih talent exp untuk rush secepatnya ke level 20, sekarang sudah tidak bisa lagi. Karena level 20 bukan menjadi milestone utama Io. Ditambah lagi Gyro juga tidak mendapat buff aghanim scepter. Karena dua hal inilah kemungkinan tim-tim akan berpikir ulang apabila memilih Gyro dan Io sebagai duo combo carry dan support.

Secara garis besar, kekuatan Io adalah bagaimana ia bisa memberikan instant support berupa heal dan attack speed pada hero carry. Ditambah dengan bonus Aghanim pada level 20 dan global presence dengan relocate, Io bisa memutar balikkan pertempuran dengan mudah. Sayangnya dengan nerf ini maka satu keunggulan Io dicabut paksa oleh Icefrog. Tetapi bagi tim yang mementingkan global presence dan split push bisa jadi hal itu tidak berarti. Oleh karena itu kita perlu lihat di qualifier nanti apakah Io bakal sering dipick dengan Gyro lagi atau hanya diambil global presence nya saja oleh tim-tim.

Nerf untuk Io. (dok: dota2.com)

Ranged & Push Meta: Kembalinya Drow Ranger

Visage sudah mulai di-pick pada Epicenter Major. Lalu Drow Ranger pada patch 7.22d ini dibuff oleh Icefrog. Apakah ini pertanda kembalinya death ball meta 20 menit gg? Jika meta ini combo manisnya hero adalah Io dan Gyro, maka zaman dulu pada saat TI 4, Cloud 9 menghancurkan berbagai tim dengan Drow dan Visage. Nah, bisa jadi masa-masa itu akan bangkit kembali. Kali ini Icefrog menambahkan damage pada skill markmanship dan sedikit mengubah mekanisme markmanship dimana skill ini yang sebelumnya tidak dihitung damage biasa, sekarang kehitung dan yang paling penting bisa dihitung sebagai modifier untuk serangan kritikal. Bisa dibayangkan betapa sakitnya damage Drow.

Menurut author, nantinya bakal banyak tim yang akan mengutilisasi buff Icefrog pada Drow ini untuk dipasangkan dengan Visage atau hero ranged lainnya. Dengan tambahan damage ini Drow bisa lebih mudah untuk melakukan push high ground dan melakukan pekerjaannya sebagai carry. Ditambah lagi, akan ada kemungkinan build equipment Drow juga bisa berubah. Karena sekarang markmanship bisa crit, maka ada kemungkinan bakal banyak Drow yang mencoba item yang bisa memberi buff kritikal seperti Crsytalis dan Daedalus. Saat inipun author masih menunggu bagaimana Drow bakal dibuild seperti apa oleh tim-tim pro. Benar-benar hero yang layak ditunggu dan disaksikan di Qualifer TI nanti.

Buff untuk Drow Ranger. (dok: dota2.com)

Morphling Hero yang Terkena Ban Hammer Terkeras Icefrog

Morphling hanya mempunyai satu change log nerf saja. Tapi yang satu itu benar-benar sakit bagi pengguna Morphling. Bayangkan, jika sebelumnya skill attribute shift pada level 1 dimulai dari 4, sekarang di nerf menjadi 1. Dengan nerf ini otomatis Morphling akan menitikberatkan skill ini sehingga memperlambat proses online Morphling di early game. Belum lagi dengan nerf ini Morphling akan sangat lemah pada level 1 dan membuat Morph tidak sefleksibel sebelumnya dalam farming.
Dalam pertandingan professional, nerf ini bisa jadi akan mengurangi minat para pro player untuk menggunakan Morphling. Bisa jadi Morphling dipakai hanya sebagai hero situasional saja apabila hero musuh tidak kuat di early game. Karena bagi tim yang menitikberatkan gameplaynya pada carry, memakai Morphling sebagai core bakal membutuhkan resource lebih untuk melindungi dan memproteksi Morphling.

Nerf hammer untuk Morphling. (dok: dota2.com)

Kembalinya Dewa Petir: Zeus

Pada patch sebelumnya, tepatnya 7.21, Zeus di-buff oleh Icefrog. Nimbus yang sebelumnya tidak proc static field jadi bisa proc. Hal ini membuat DPS (Damage per Second) Zeus menjadi lebih besar. Nah kali ini Icefrog mungkin benar-benar kangen Zeus. Karena alih-alih di-nerf, kali ini Zeus malah di-buff lagi. Pada patch kali ini Icefrog memutuskan untuk menambah armor Zeus +1 dan meningkatkan damage final static field dari 5/7/9/11% menjadi 6/8/10/12%. Bertambah 1% dan 1% ini sangatlah besar karena itu adalah persentase dari proporsi sisa darah musuh. Jadi jangan kaget kalau di pub atau di TI qualifier bakal ada Zeus pick lagi. Karena sekarang Zeus sudah menjadi DPS yang makin dapat diandalkan!

Bagi pemain Zeus, seperti Topson, hal ini sangat menggembirakan. Topson yang pada pertandingan terakhir TI 8 menggunakan Zeus, bakal mempunyai kesempatan lebih tinggi untuknya agar dipilihkan Zeus di TI 9 nanti. Dengan di buffnya Zeus, bisa jadi akan muncul kembali strategi global presence, seperti Ancient Apparition, Bloodseeker, Nature Prophet, Spectre, dan Io. Kita tinggal tunggu saja bagiamana nantinya tim-tim pro menggunakan Zeus dalam draftnya, karena sejauh ini masih jarang yang menggunakan Zeus sebagai core, terakhir pada Epicenter major Zeus dipilih hanya sekali saja dan itupun juga bukan sebagai core. Pada pertandingan itu, Alliance menggunakan Zeus sebagai support 4 dan mereka kalah menggunakan hero tersebut.

Buff untuk Zeus. (dok: dota2.com)

Overall, patch kali ini tidak ada perubahan yang signifikan. Banyak buff dan nerf yang dibuat hanya untuk menyeimbangkan hero dan mengurangi ketergantungan tim pada satu dua hero tertentu. Tentunya bagi viewer di rumah, semakin banyak dan variatif hero yang di-pick maka game Dota itu bakal lebih menarik. Terakhir, dari 5 buff dan nerf yang kami sudah share, menurutmu mana yang paling krusial? Komentar yuk di bawah!

Buat kalian yang ingin ikut berkontribusi di dunia esports Indonesia, yuk gabung sebagai coach atau content creator di Aegis. Nggak kalah seru juga kalau kamu Ingin lebih jago di game favoritmu. Yuk gabung dengan AEGIS, First Indonesia Educational Esports Platform!