Mon. Apr 12th, 2021

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

13 Negara yang Kepincut Xpander Buatan Cikarang

1 min read

Jakarta – Sejak April 2018, Mitsubishi Krama Yudha Indonesia tak hanya memproduksi Low MPV Xpander untuk mengisi pasar otomotif Indonesia. Mitsubishi juga diketahui mengekspor yang diproduksi di kawasan Greenland International Industrial Centre, Delta Mas Cikarang ke mancanegara.

Apabila pada tahun 2018 hanya tujuh negara yang mengimpor Xpander buatan Cikarang, pada tahun 2019 jumlah negara tersebut bertambah menjadi 13.
Tercantum dalam data distribusi ekspor CBU Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Agustus 2019, Xpander kini juga telah merambah Amerika Latin. Dengan begitu, ke-13 negara yang mengimpor Xpander buatan Cikarang ada Mesir, Vietnam, Thailand, Filipina, Bolivia, Bangladesh, Srilanka, Kamboja, Peru, Mauritius, Bangladesh, Brunei Darussalam, dan Myanmar.
Dari angka penyebarannya, Thailand dan Vietnam lah yang paling banyak mengimpor Xpander buatan Cikarang ini. Tercatat masing-masing negara mengimpor 2.151 unit dan 2.711 unit Xpander ke negaranya.

Hal serupa pun pernah diungkap oleh pihak Mitsubishi. Menurut Mitsubishi, Xpander berlabel ‘Made in Indonesia’ cukup laris di kedua negara tersebut.
“Kami gembira bahwa Xpander diterima dengan baik di Filipina, Thailand dan Vietnam. Kami berkomitmen untuk memenuhi permintaan yang kuat dari pelanggan baik di Indonesia maupun di luar Indonesia,” tutur MMKI HR & GA Director Prianto beberapa waktu lalu.

Pada Agustus 2019, angka ekspor Xpander pun meningkat drastis. Ini sekaligus menjadikan Xpander sebagai mobil berlabel ‘Made in Indonesia’ paling laris di negeri orang pada periode tersebut. Xpander menyingkirkan Fortuner juga Toyota Rush yang sebelumnya bergantian mengisi posisi puncak.